Tips Solo Traveling untuk Pemula

Yogyakarta, 8 Juli 2017 jam 03.17 pagi ditemani Lychee Tea Ice, Cappucino Ice dan sebuah buku yang berjudul “BORN TO TRAVEL” di sebuah cafe yang bernama CAFEBRICK aku melanjutkan tulisanku ini.

Cafe Brick

Udah dramatis belum? Belum ya? Yaudah sih kalau belum, emang aku bukan cowok drama kok. Hasyaahh apaan sih gue! -_- HAHAHA

Di artikel sebelumnya aku udah janji bakalan share ke kalian tips Solo Traveling menurutku. Bagi yang belum baca tulisanku sebelumnya, kalian bisa baca disini : SOLO TRAVELING, MENDING JANGAN DEH!!!

Ok, aku tepatin janjiku buat kasih tips kalau kalian pengen banget Solo Traveling. Tips ini aku tujukan buat kalian yang sama sekali belum pernah melakukan Solo Traveling atau bisa dikatakan pemula dalam hal Solo Traveling.

Jadi…. Mana nih suaranya kalian yang butuuuuhhh banget tips-nya???!!!

Kurang keraaasss!!!

Mana suaranyaaaa???!!! Njir, gue berasa lagi konser ajaaa geblek -_- *toyor pala ndiri*

Tips Solo Traveling untuk Pemula

  • Niat

Tips yang pertama dan yang paling penting adalah NIAT. Kenapa?

Karena ketika kalian nggak punya niat, sama aja bohong. Kalian harus mempunyai niat dulu kalau kalian pengen banget ngelakuin Solo Traveling. Niat ini bener – bener hal yang paling susah karena kadang niat kita jadi musnah hanya karena takut terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Nah, yang perlu kalian camkan sebagai pemula dalam hal Solo Traveling adalah positive thinking. Jangan sampai ketakutan kalian menghalangi niat kalian untuk melakukan Solo Traveling. Ingat! Kalian traveling adalah untuk having fun bukan untuk menyulitkan diri kalian sendiri.

Gimana sih caranya biar kita nggak takut saat Solo Traveling yang notabene kita benar – benar asing di kota lain atau bahkan negara lain? Lanjuutt ke tips yang kedua.

  • Mental

Tips yang kedua adalah MENTAL.

Siapkan mental kalian sebakoh mungkin!

Yakinkan diri kalian bahwa kalian bisa hidup di tempat asing!

Yakinkan diri kalian bahwa kalian bukan orang yang lemah!

Jangan malu untuk bertanya pada orang lokal, jika kalian benar – benar nggak ngerti tentang sesuatu. Ingat! Kita manusia adalah makhluk sosial dan selalu membutuhkan bantuan orang lain sekecil apapun itu.

Tidak semua orang itu jahat, masih banyak juga orang yang baik dan bersedia menolong kalian, jika kalian membutuhkan bantuan.

Dan ketika mental kalian sudah bakoh, kalian nggak akan mudah merasa panik. Kalian akan lebih bisa berfikir dengan jernih, sejernih mukanya Pevita Pearce. Seriusan guys! HAHAHA

  • Informasi

Lanjuutt tips berikutnya adalah INFORMASI.

Nah ini nih yang kadang orang males buat cari, padahal tinggal searching di mbah gugel aja banyak referensinya atau kalian bisa masuk grup di Facebook yang isinya traveler dan kalian bisa tanya sama mereka. Jangan malas buat cari informasi, karena ini juga penting guys.

Carilah informasi tentang :

Cuaca & iklim setempat. Kenapa? Supaya kalian nggak salah kostum. Jangan sampai kalian pakai bikini padahal sedang musim dingin. Bisa mampus kalian guys! HAHAHA

Tempat menginap & area setempat. Carilah tempat menginap dan areanya kondusif untuk kalian masing – masing. Aku kasih tau ya, kalau yang namanya kejahatan mah bisa terjadi dimana – mana. Kalian nggak usah yang terlalu parno banget. Yang penting kalian tetep waspada dimanapun kalian.

Tiket pergi & pulang. Mau kalian pergi kemanapun rajin – rajinlah searching tiket. Kalau kalian beruntung, kalian bisa dapat tiket dengan harga promo. Kan lumayan tuh buat ngirit pengeluaran kalian. Atau kalian juga bisa datang ke Travel Fair yang ada di kota kalian. Pastikan tanggal pergi dan pulang, supaya kalian juga enak buat pesen tiketnya. Aku nggak mau sebut deh website – websitenya karena apa? Karena aku nggak diendorse mereka, jadi ya maap – maap yeee. HAHAHA. Noh, searching di mbah gugel banyak! Gausah manja! Kalau kalian manja, sok atuh baca tips yang nomor 2 tadi.

Akomodasi. Nah, jangan lupa kalian juga harus cari tau tentang transportasi dan makanan yang ada di tempat tujuan kalian. Transportasi apa aja yang ada dan ke mana saja rutenya. Makanan apa saja yang ada di tempat tujuan kalian. Apalagi buat kalian yang muslim nih, jangan sampai salah makan. Ok?

Culture. Kalian juga jangan lupa, jika kalian pergi ke suatu tempat biasanya ada tradisi yang berbeda. Selalu patuhi tradisi lokal, guys! Atau kalian mau di deportasi gara – gara ngelanggar tradisi lokal. Buat nama Indonesia harum di negara lain. Jangan malu – maluin Indonesia karena kelakuan kalian yang dapat ngerusak nama Indonesia. Kalau nggak boleh yaudah nggak usah dilakuin. Jangan ngeyel!

Koneksi. Buat kalian yang Solo Traveling, ini penting juga sih menurutku. Selalu cari tahu koneksi internet di tempat tujuan. Kalau perlu ya beli SIM Card lokal atau sewa modem. Yakali buka google map nggak pakai internet. Ketika koneksi internet lancar, kalian juga nyaman kok untuk kemana – mana.

Alamat & kontak KBRI. Selalu catat alamat dan kontak KBRI guys! Siapa tahu kalian membutuhkan jika ada masalah saat di negara lain. Yang namanya musibah kan kita juga nggak bakal mau ya? Tapi kita nggak tahu juga musibah bisa datang kapan saja.

  • Itenerary

Tips berikutnya adalah ITENERARY.

Buatlah jadwal dan perkiraan waktu kalian berkunjung ke destinasi impian kalian. Jangan lupa pertimbangkan waktu perjalanannya juga ya guys. Ini sebenernya bener – bener ngebantu kalian buat mengatur waktu kalian supaya nggak terbuang sia – sia. Kalau kalian nggak pinter buat itenerary setidaknya kalian bikin daftar tempat yang pengen kalian kunjungi.

  • Fisik

Setelah kalian bikin itenerary, kalian jangan lupa untuk menjaga kesehatan kalian. Setidaknya sebulan sebelum kalian Solo Traveling, kalian lari – lari atau jalan santai deh guys. Dijaga kesehatannya, karena kalau kalian sampai sakit saat Solo Traveling kan nggak enak juga kan? Udah jomblo, ditinggal nikah mantannya, gebetan malah nyantol sama sahabat sendiri, giliran mau seneng – seneng malah ditambah sakit saat traveling. Hmmm! “Sejak dulu beginilah cinta, penderitaannya tiada akhir” kalau kata Panglima Tian Feng.

  • Budget

Tips yang terakhir adalah BUDGET.

Budget merupakan hal yang juga paling penting, bahkan ketika kalian menang lotre yang hadiahnya traveling ke Iceland juga tetep butuh duit. Ya setidaknya buat beli bakso tusuk di Iceland.

Siapkan budget yang menurut kalian pantas. Kenapa aku bilang kaya gini? Budget ini soalnya termasuk hal yang fleksibel. Budget orang yang suka belanja pasti berbeda dengan budget orang yang pengen backpacker. Iya kan? Tapi jangan lupa, siapkan budget untuk tiket pergi – pulang, akomodasi selama di tempat tujuan, makan, jajan, party dll. Selalu pertimbangkan budget yang ingin kalian habiskan. Jangan terlalu over, apalagi kalian party-nya pakai kartu kredit. Pas party-nya seneng, pas dapat tagihannya langsung kena stroke.

 

Ok, itulah beberapa tips dari Theo Nugraha untuk kalian – kalian yang pengen Solo Traveling tapi masih dalam tahap pemula. Semoga membantu ya, dan jangan lupa share ke teman – teman kalian juga ya. Buat teman – teman yang pernah dan masih melakukan Solo Traveling boleh kok menambahkan tips – tipsnya di kolom komentar. Atau buat teman – teman yang masih pengen bertanya silakan komentar di kolom komentar. ^^

Last but not least, SALAM GANTENG! :pose ganteng:




4 thoughts on “Tips Solo Traveling untuk Pemula

  1. “Udah jomblo, ditinggal nikah mantannya, gebetan malah nyantol sama sahabat sendiri, giliran mau seneng – seneng malah ditambah sakit saat traveling. Hmmm! “Sejak dulu beginilah cinta, penderitaannya tiada akhir” kalau kata Panglima Tian Feng.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *